Rabu, 12 November 2008

Jahe instan


Bahan yang dibutuhkan:

Rimpang jahe segar 1 kg
Gula pasir 2 kg
Air minum secukupnya

Cara pembuatan:
Rimpang jahe segar dibersihkan dari kotoran yang melekat, dicuci dengan air sampai bersih kemudian di kupas kulit tipisnya ( kelenjar minyak rimpang jahe, terletak dekat dengan kulit luar rimpang jahe, karena itu mengupasnya jangan terlalu dalam supaya rasa dan aromanya tidak hilang)

Rimpang jahe ditambah sedikit air, dihancurkan. Bisa dengan alat juicer atau lumpang biasa, dan diperas.

Cairan hasil perasan dienapkan beberapa saat, sehingga pati yang terikut dalamnya mengenap dibawah. Pati ini bila terikut akan mempersukar terjadinya kristalisasi gula.

Tuangkan cairan ke dalam wajan, tambahkan gula, dan mula dipanasi. Pemanasan diperlukan untuk melarutkan gula, menguapkan air, sehingga larutan akan cukup jenuh untuk supaya gula bercampur sari jahe mudah mengkristal.

Pemanasan diteruskan sampai terjadi kristalisasi gula.

Aduk terus sampai kristal yang terbentuk kering.

Setelah kristal kering, angkat dari api, jahe instan kami telah jadi dan siap untuk diberi air untuk diminum.

Yang perlu diperhatikan adalah, jangan terlalu lama memanaskan setelah jahe dan gula mengkristal, karena kemungkinan terbentuk karamel yang tidak bisa mewngkristal lagi.
Jahe wangi tersebut bisa berasa lebih aromatis bila dimasukkan bahan lain misalnya daun pandan bersama air yang untuk melarutkan gula.

SELAMAT MENIKMATI

Pengalaman penulis:
Selama ini, dirumah kami selalu tersedia jahe instan ini, untuk berjaga-jaga, bila ada anggota rumah yang kena dingin, sehingga merasa tidak enak badan (masuk angin). Biasanya akan sembuh tanpa menjadi sakit misalnya flu atau penyakit lain.

1 komentar:

ASKONE mengatakan...

Jika tertarik dengan jahe, boleh anda kunjungi www.safadajahe.blogsome.com