Kamis, 27 November 2008

Biji adas, penolong pertama bagi ibu dan bayi


Biji adas (Foeniculum vulgare), mudah diperoleh di pasar-pasar. tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa dia dapat memberikan pertolongan bagi mereka yang membutuhkannya. Mungkin karena kini tidak banyak yang peduli lagi akan budaya jawa, dalam hal ini budaya tentang kesehatan.


Biji adas, mengandung terutama minyak atsiri. Dari sinilah kasiat biji adas itu berasal. Minyak atsiri biji adas dapat diperoleh kadang-kadang dari toko bahan kimia, atau mungkin di apotek-apotek atau toko jamu. Di Jogja, misalnya, bisa diperoleh di toko Tekun jaya, dekat Malioboro. Tetapi jangan keliru dengan minyak adas sintetis. Ini lebih murah, tetapi kurang berkasiat.


Bila minyak atsiri adas sukar didapat, gunakan saja biji adas yang bisa dibeli di pasar, mungkin juga kios jamu.


Minyak yang terkandung dalam biji adas mempunyai kasiat sebagai obat batuk, meringankan kram diperut, atau juga menolong ibu-ibu untuk memperlancar atau merangsang mengeluarkan asi.




Tetapi ingat, untuk dikenakan pada bayi, jangan terlalu banyak, karena akan kepanasan. Kira-kira gunakan sepucuk sendok kecil biji adas saja.


Cara penggunaan:




1. Untuk merangsang keluarnya asi


Gerus biji adas sampai hancur, tuangkan sedikit minyak goreng (tentu saja yang masih baru), campur dan sedikit digerus, kemudian disaring. Minyak yang telah mengandung minyak adas, dioleskan pada payu dara, seperti kalau masage, istirahatlah. Asi tentu akan terproduksi. Tetapi, jangan lupa untuk membersihkan dahulu daerah yag terkena minyak adas sebelum diberikan pada bayi. Nanti bayi kepedasan.




2. Menolong bayi kolik.


Bayi yang baru berusia beberapa hari sering tiba-tiba menangis tanpa sebab sambil mengangkat-angkat perutnya. Ini kemungkinan karena kolik di perut. Jangan panik. Gosok perutnya dengan minyak biji adas tersebut, beberapa saat akan reda.




3. Menolong orang dewasa yang kolik perut.


Masukkan satu sendok biji adas kering kedalam cangkir, setelah dimemarkan. Tuangi air mendidih, tutup cangkir, biarkan sampai dingin, minum. Kolik akan reda.




4. Menolong anak kecil yang hidungnya tersumbat karena influenza.


Anak demikian tentu akan banyak menangis karena tidak dapat tidur dan tidak dapat minum. Jangan panik. Oleskan minyak sayur yang telah terlebih dahulu digunakan utuk menggerus biji adas, lebih baik kalau ditambah sedikit irisan biji pala, pada ubun-ubun bayi. Tentu sebentar lagi akan lega pernafasan, bisa minum susu, dan kemudian tidur.




Selamat mencoba.






Tidak ada komentar: