Rabu, 24 Desember 2008

perkenalan kosmetik modern indonesia



Maksud saya:

Yang saya sebut sebagai kosmetik modern asli Indonesia adalah jenis kosmetik yang masa kini mulai akan nampak dalam peredaran, dan mungkin akan terus meningkat keberadaannya, adalah kosmetik modern yang dibuat dari bahan asli Indonesia, yaitu kosmetik yang berbahan baku buah kelapa atau lebih khusus lagi vco (minyak kelapa khas, yaitu minyak kelapa yang dibuat tanpa pemanasan. )
Saya sebut tadi bahwa kosmetik jenis ini akan terus meningkat penggunaannya karena bagus efeknya bagi kulit pemakai. Tentu saja kalau bagus efeknya, akan digunakan lagi, dan jumlah pemakainya akan terus bertambah.
Mengapa tadi saya sebut sebagai kosmetik modern asli Indonesia, karena yang saya maksud adalah bukan kosmetik tradisional, seperti halnya lulur, mangir, dsb, tetapi berupa night cream, hand and body lotion, sabun mandi, dsb, yang dibuat dari minyak kelapa, jenis minyak yang sejak zaman dahulu kala di gunakan oleh orang Indonesia.
Minyak kelapa itu, tadinya tersisih dari penggunaan sebagai bahan makanan, dan juga kosmetik (terutama yang di buat di Idonesia sendiri), tersaing oleh minyak dari bahan baku lain, misalnya minyak kedelai, minyak kelapa sawit dalam bidang bahan makanan, dan dalam bidang kosmetik oleh minyak zaitun, minyak domba, bahkan minyak mineral. Padahal, sebagai bahan kosmetik, minyak kelapa (terutama vco) tidak kalah mutunya dengan minyak zaitun yang berharga mahal.
Dari segi kosmetik, minyak vco sangat bagus untuk digunakan, karena antara lain:
1. Tidak dibuat denga pemanasan, sehingga tidak mengandung radikal bebas, yang mempercepat efek penuaan.
2. Mengandung banyak asam laurat, yang mempunyai khasiat antiseptik.
3. Komposisi lemaknya sangat sesuai dengan kulit manusia, terutama kulit orang Indonesia ( sudah dibuktikan oleh nenek moyang kita ).

Tetapi, sayang sifat jelek bangsa kita antara lain tidak menghargai milik kita sendiri. Jadi, belum suka (kembali) menggunakan kosmetik yang memakai bahan dasar VCO, lebih menyukai kosmetik dengan bahan dasar minyak zaitun, lemak domba, bahkan minyak mineral. Pernyataan ini saya buat berdasarkan pengamatan saya pada sikap konsumen, waktu mengetahui kosmetik tersebut berasal dari kelapa. Padahal, kosmetik sejenis itu dihargai mahal oleh konsumen dari negeri beriklim dingin (USA, misalnya). Di luar sana, telah lama dikenal cream, atau bentuk kosmetik yang lain yang dibuat dari minyak VCO.
Di Jogja ini, telah mulai ada kosmetik demikian, antara lain yang dibuat oleh produsen kosmetik REPINDO. Sebetulnya sudah cukup lama ada, tetapi karena ijin dari Badan POM baru seja terbit, belum banyak tampak di toko-toko atau Supermarket. Tetapi pasti, akan banyak muncul dalam waktu dekat ini.

Apa saja contohnya? Tunggu postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar: