Jumat, 19 Desember 2008

air aromatik


Apa itu?


Air aromatik adalah air yang diberi aroma bunga atau bahan tanaman lain yang berbau menyenangkan. Misalnya: air mawar, air melati, air kenanga atau air manis jangan (Aqua cinnamomi NF).

Bagaimana membuatnya?
Sebetulnya prinsip pembuatannya mudah sekali, yaitu melarutkan atau mencampur minyak atsiri dalam air. Tetapi masalahnya adalah, bahwa minyak atsiri itu tidak dapat campur dengan air, jadi harus ada suatu teknik pencampuran tersebut, sehingga maksud kita dapat tercapai.

Ada beberapa cara:


1. Dengan pertolongan alkohol:


Cara:


Bahan yang dibutuhkan:


Minyak mawar (misalnya kita ingin membuat air mawar ) 1 bagian


Spiritus fortior (96%) 19 bagian


Air (lebih baik air suling) sampai 1 liter.


Minyak atsiri dilarutkan dalam spiritus , dalam tempat tertutup, misalnya botol kecil yang dapat ditutup.


4 bagian cairan yang didapat, ditambah air sampai volume 1 liter, kocok kuat-kuat sampai homogen. Saring cairan. Siaplah air aromatik kita. Jadi, dari 1 cc minyak mawar, akan kita dapatkan 5 liter air mawar. Banyak, bukan? Air akan berbau harum seperti bunga mawar. Simpan dalam beberapa botol, supaya tidak terlalu cepat menguap minyak atsirinya, sehingga air aromatik tetap wangi untuk waktu yang lama.

2. Dengan pertolongan serbuk talk.


Bahan yang dibutuhkan:


Minyak mawar atau minyak atsiri lain 2 ml


Serbuk talk (bisa dibeli di apotik atau toko bahan kimia, tetapi jangan gunakan salisil talk yang ada di toko, karena akan iritasi ). 15 gram


Campurkan serbuk talk dengan minyak atsiri, kemudian tambahkan air suling pada campuran minyak dan talk tersebut, kemudian gojog keras-keras (tentu saja dalam botol yang bertutup).


Cairan kemudian disaring (sebaiknya menggunakan kertas saring ). Cairan yang pertama keluar disaring kembali, supaya tidak keruh. Siaplah air aromatik kita.


Kini, didapat air harum, yang secara umum disebut sebagai aqua aromatika.


Untuk apa?


1. Melarutkan kosmetik tradisional, misalnya bedak dingin, lulur, dsb sebelum digunakan.


2. Untuk membuat life more enjoyable, misalnya, bila membuat jamuan makan, air pembasuh tangan bisa diberi campuran air wangi tersebut. Atau ditambahkan pada air mandi, sehingga lebih wangi. Ingat! bau mawar adalah bahan aromaterapi, karena dapat memacu gelombang beta di otak, sehingga memberikan semangat hidup.


3. Untuk misalnya digunakan membasuh muka setelah bercukur.


4. untuk pengganti air pada pembuatan sediaan kosmetik, misalnya pada pembuatan cream, misalnya pengganti air pada pembuatan night cream,


Dan banyak lagi.


Silahkan mencoba.

Tidak ada komentar: